speak thousand words.. May photography become His means to grant His hidayah to us, insyaAllah. Say thank to Him, may He bless what we do (and did) for the rest of this life.

Tuesday, March 2, 2010

Dragonfly



Pepatung

Sejenis serangga yang terbang.

Sayap pepatung merupakan ciptaan Allah yang menakjubkan. Selaput sayapnya begitu terperinci dan aerodinamis.

Gilles Martin, seorang photographer alam, telah melakukan pengamatan 2 tahun untuk meneliti pepatung. Dan dia juga menyimpulkan bahwa makhluk ini memiliki cara terbang yang sangat rumit. Dua sayapnya saling silang pada badannya dan menampakkan biasan warna dari biru muda hingga merah maroon. Dengan bentuk demikian, pepatung memiliki kemampuan pergerakan yang luar biasa. Tak peduli pada kecepatan atau arah bagaimana pun ia bergerak, pepatung dapat mendadak berhenti dan mulai terbang kembali dengan arah berlawanan. Atau, pepatung dapat tetap diam di udara untuk berburu. Pada kedudukan seperti itu, ia dapat bergerak dengan sangat cepat menuju mangsanya. Ia dapat mempercepat gerakannya hingga kecepatan yang sangat mengejutkan untuk ukuran seekor serangga: 25 mil/jam (40 km/jam).

Pada kecepatan ini, pepatung berlanggaran dengan mangsanya. Hentaman akibat perlanggaran ini sangat kuat. Namun, tubuhnya yang lentur dapat menyerap hentaman tersebut. Sebaliknya, hal yang sama tidak terjadi pada mangsanya. Mangsa pepatung akan kehilangan kesedaran atau bahkan mati karena hentaman tersebut. Kecepatan pepatung ini dapat dianalogikan dengan kecepatan seorang atlet lari 100 m di Olympic iaitu 24,4 batu/jam (39km/jam).

Pembuat helikopter terbaik di dunia, Sikorsy telah menjadikan serangga ini sebagai konsep untuk menghasilkan model helikopter buatan mereka. Caranya, perusahaan IBM, telah bekerjasama untuk membuat kajian melalui teknologi komputer (IBM 3081). Lalu 2000 penggambaran khusus dilakukan di komputer bagi menganalisa pergerakan-pergerakan yang dilakukan di udara oleh serangga ini. Maka terhasillah sebuah helikopter yang berkonsepkan pepatung ini.

Helikopter Sikorsky dirancang dengan meniru rancangan sempurna dan kemampuan gerakan dari seekor pepatung. MBB, perusahaan pembuat senjata dan roket, telah mengambil rancangan aerodinamis dan cara terbang pepatung sebagai acuan dalam pembuatan helikopter jenis BO-105. Perusahaan helikopter Amerika Syarikat, Sikorsky, telah merancang desing baru dengan menciplak secara langsung cara pepatung terbang pada helikopter.

Sungguh banyak teknologi Allah yang menakjubkan. Teknologi manusia sangatlah kerdil di hadapan-Nya. Bahkan manusia hanya mampu meniru keajaiban-keajaiban design di alam yang telah Allah ciptakan untuknya. Namun sedikit sekali manusia yang mengambil pelajaran.

*Di sunting dari halaqah.net kiriman Ummi Munaliza, melalui sedikit proses pengolahan.
Fakta-fakta diperoleh dari laman http://www.insight-magazine.com/indo/edisi_9/

No comments:

Post a Comment

_

__________________________________________sepetik lagu

Listen to Quran